Allah yang selalu mencinta,

Kami menghadap-Mu, seraya memohon rahmat khusus di tahun Ignatian yang kami jalani, untuk mengenang pertobatan St. Ignatius Loyola.

Kami mengingat kembali peristiwa pertempuran Pamplona, kegigihan Santo Ignatius, keberanian dan kesungguhan serta kemampuannya dalam menjalin hubungan dengan rekan-rekannya.

Kami mengingat lukanya; mimpi-mimpinya yang hancur; cita-citanya yang runtuh, kesehatannya yang rapuh, kegagalannya yang demikian nyata;  kami mengingat kembalinya ke Loyola dan hari-hari panjang yang mesti dilaluinya untuk mencari jalan dalam hidup, yang berakhir dengan menyerahkan hidupnya pada-Mu, sesudah dia mendengarkan suara-Mu yang berbicara kepadanya melalui bacaan, kerinduan-kerinduan terdalam beserta impiannya, doa-doa dan imaginasinya.

Kami mengingat perjalanannya ke Manresa; perjuangan dan pergulatan batinnya; keinginannya untuk merengkuh dan melayani sesama, untuk membantu jiwa-jiwa menemukan penghiburan dari PuteraMu yang telah bangkit.

Kami mohon, ya Tuhan, agar Engkau membarui semangat Santo Ignatius dalam diri kami sekarang juga.

Seperti Santo Ignatius, semoga kami tumbuh, memiliki kepercayaan penuh pada Roh Kudus, dengan setia mengikuti bimbingan Roh, dengan tidak mendahului atau ketinggalan dalam mendengarkan bimbingan-Nya.

Buatlah agar kami juga memiliki kemampuan Santo Ignatius untuk melakukan pembedaan roh, memiliki semangat dan keberaniannya, kesadaran akan kerapuhannya, ketulusan dalam mencari dan merawat persahabatan; keterbukaannya terhadap orang muda dan keinginannya untuk berbagi kebijaksanaan dengan mereka.

Semoga kami belajar dari sikap Santo Ignatius yang tidak kenal takut untuk maju, bahkan jika hal ini seringkali berarti juga melakukan kesalahan.

Buatlah, ya Tuhan, agar kami dibakar oleh semangat kerasulannya, agar kami dipenuhi oleh cinta pada dunia yang indah namun telah rusak ini.

Bantulah kami ya Tuhan, untuk menyingkirkan wawasan-wawasan kami yang sempit,  segala prasangka mengenai diri kami, mengenai orang lain dan mengenai dunia, dan agar kami bisa melihat segala sesuatu dengan mata baru.

Bantulah kami untuk menghidupi kharisma Ignatian dengan cara semakin mendalam, yaitu kharisma untuk melihat segala sesuatu secara baru dalam Kristus, untuk melihat rahmat-Mu yang sedang bekerja bahkan dalam kegelapan dan penderitaan.

Semoga Tahun Ignatian ini membantu kami untuk mengenal Yesus yang miskin dan rendah hati, untuk mencintai-Nya dengan lebih mesra, dan untuk mengikutiNya dengan lebih dekat.

Kami juga memohon bantuan Bunda Maria Dipamarga – Maria della Strada. Semoga Bunda Maria menyertai perjalanan kami bersama Putera-Mu, Yesus, membantu kami menggandengkan tangan kami dengan Tangan-Nya, melangkah keluar, setiap hari, ke dunia dengan jiwa petualangan, dengan semangat cinta dan pengharapan.

Amin.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Monthly Newsletter

No spam, notifications only about news and reflections.

On Key

Related Posts

Indulgensi saat Tahun Ignatian?

Selama tahun Ignatian ini, Takhta Suci memberikan berkat Indulgensi penuh. Tulisan ini merupakan terjelahan dari Benoit Malvauz. Jubileum 500 tahun pertobatan St. Ignatius dan 400

Doa Tahun Ignatian

Allah yang selalu mencinta, Kami menghadap-Mu, seraya memohon rahmat khusus di tahun Ignatian yang kami jalani, untuk mengenang pertobatan St. Ignatius Loyola. Kami mengingat kembali